Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik (Dasar-Dasar Akuntansi)

Diposkan oleh Arif Nurhuda Senin, 14 September 2009

A. PENGERTIAN

Jurnal Penutup adalah ayat jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menutup rekening-rekening nominal/sementara.

Akibat penutupan ini maka rekening–rekening ini pada awal periode akuntansi saldonya nol.

B. JURNAL PENUTUP

Terdapat 4 (empat) jurnal penutup yang harus dibuat yaitu:

  1. Menutup rekening Pendapatan

Rekening

Debet

Kredit

Pendapatan

Ikhtisar Rugi/Laba

xxx


xxx


  1. Menutup rekening Beban

Rekening

Debet

Kredit

Ikhtisar Rugi/Laba

Beban

xxx


xxx


  1. Menutup rekening Ikhtisar Rugi/Laba

Rekening

Debet

Kredit

Ikhtisar Rugi/Laba

Modal

xxx


xxx


  1. Menutup rekening Prive

Rekening

Debet

Kredit

Modal

Prive

xxx


xxx


C. CONTOH

Berikut adalah data laporan Rugi laba suatu perusahaan:

Pendapatan…………………………………………………….

Beban telepon……………………………………………

Beban asuransi……………………………………………

Beban depresiasi……………………………………………

Beban gaji..……………………………………………………

Rp. 12.900.000,-

Rp. 1.000.000,-

Rp. 250.000,-

Rp. 9.000.000,-

Rp. 2.000.000,-

Jurnal penutup yang harus dibuat pada akhir periode akuntansi adalah sebagai berikut:


JURNAL PENUTUP

Rekening

Debet

Kredit

Menutup Pendapatan:


Pendapatan

Ikhtisar Rugi/Laba



12.900.000




12.900.000


Menutup Beban:


Ikhtisar Rugi/Laba

Beban telepon

Beban asuransi

Beban depresiasi

Beban gaji




12.250.000





1.000.000

250.000

9.000.000

2.000.000

Menutup Ikhtisar Rugi/Laba:


Ikhtisar Rugi/Laba

Modal



650.000




650.000


Latihan 18

Buatlah jurnal penutup berdasarkan data-data sebagai berikut:

Pendapatan ………………………………………………….

Beban telepon ………………………………………………

Beban asuransi………………………………………………

Beban depresiasi………………………………………………

Beban gaji …….………………………………………………

Beban perlengkapan…………………………………………

Prive…..……………………………………………………….

Rp. 20.000.000,-

Rp. 1.500.000,-

Rp. 1.000.000,-

Rp. 10.000.000,-

Rp. 4.000.000,-

Rp. 2.000.000,-

Rp. 5.000.000,-



Jawab:

JURNAL PENUTUP


Rekening

Debet

Kredit















E. REVERSING ENTRIES (JURNAL BALIK)

Jurnal balik adalah jurnal yang dibuat pada awal periode sebagai kebalikan dari sebagian jurnal penyesuaian pada akhir periode sebelumnya. Jurnal ini bersifat opsional namun jika dilakukan memberikan manfaat. Tidak semua ayat jurnal penyesuaian dilakukan reversing entries. Jurnal penyesuian yang dibalik adalah:

  1. Hutang biaya
  2. Piutang Pendapatan
  3. Pendapatan Diterima Dimuka jika digunakan pendekatan pendapatan
  4. Biaya Dibayar Dimuka jika digunakan pendekatan beban (biaya)

Untuk memudahkan pemahaman, berikut ini disajikan ikhtisarnya saja sebagai berikut:


No.

Jenis AJP

Ayat Jurnal Penyesuaian

Jurnal Balik

1.

Hutang Biaya

Biaya Gaji

Hutang Gaji

100


100

Hutang Gaji

Biaya Gaji

100


100

2.

Piutang Bunga

Piutang Bunga

Pendapatan Bunga

150


150

Pendapatan Bunga

Piutang Bunga

150


150

3.

Pendapatan Diterima Dimuka

Pendapatan Tiket

Pendapatan Tiket DD

200


200

Pendapatan Tiket DD

Pendapatan Tiket

200


200

4.

Biaya Dibayar Dimuka

Sewa Dibayar Dimuka

Beban Sewa

900


900

Beban Sewa

Sewa Dibayar Dimuka

900


900



27 komentar

  1. u5oef Says:
  2. syukran !

     
  3. Maria Says:
  4. pada bagian menutup ikhtisar rugi/laba...ikhtisar rugi/laba dan modal pada tabel jurnal penutup tertulis Rp 650,000,00.dapat darimana Rp 650,000,00 padahal pada contoh soalnya tidak tertulis....

     
  5. jeny Says:
  6. @maria
    selisih pendapatan atau beban atau dapat dikatakan untung/truginya

     
  7. bos g mana cara membuat kolom dlm bloger, thank infony

     
  8. subhanalloh,, tulisan yg sangat berguna,,terima kasih..

     
  9. janfrey Says:
  10. gini, seandainya di soal sudah ditulis modalnya berapa . jadi saya masukin di penutupnya ttep modal yang ada disoal atau yang selisih pendapatan dan beban itu ?

     
  11. soal nya yang mana nih gan???
    kok cuma ada materi nya aja,, ane yang cari soal nya gan...
    bisa gak di kasih soal nya??
    butuh banget nih gan ...

     
  12. tulisan sangat membantu. Apalagi krna saya sedang persiapan sidang

     
  13. Bovy-X Says:
  14. pa mau nanya bagaimana menutup rekening ikhtisar laba rugi jika kondisi perusahaan tersebut rugi.... apakah ikhtisar laba rugi di kredit dan modal di debet, tk

     
  15. pak kalau caranya melengkapi jurnal yang disesuaikan gimana caranya?

     
  16. syukran.. tapi bingung :?

     
  17. @BOVY: iya kea gitu ..

     
  18. whafick Says:
  19. thaks mas bro info.nya!!

     
  20. Dhany_Lee 47 Says:
  21. OOh hai arigatogozaimas...alias nuhun

     
  22. elma dwija Says:
  23. kalau seandainya di neraca saldo awal perlengkapan ditulis sebagai beban, apa perlu dibuat jurnal pembalik?

     
  24. UII Official Says:
  25. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    twitter : @profiluii

     
  26. Jikalau perusahaan itu rugi maka cara menutup rekening ikhtisar R/L adalah sbb :

    Contoh soal
    Berikut adalah data laporan Rugi laba suatu perusahaan:

    Pendapatan ................... Rp 10.000
    Beban telepon ................ (Rp 3.000)
    Beban asuransi................ (Rp 2.000)
    Beban depresiasi.............. (Rp 2.000)
    Beban gaji.................... (Rp 5.000)
    -------------- -
    Rugi ........................ Rp 2.000


    Menutup Ikhtisar Rugi/Laba:

    Modal ...................... Rp 2.000
    Ikhtisar Rugi/Laba ......... Rp 2.000



     
  27. Teruskan Menulis,, Agar Ilmu dapat terus kekal

     
  28. haniiehoney Says:
  29. kalo diketahui
    penjualan sebesar 200 yang barangnya sudah dikiim pada tanggal 27 desember belum dibukukan.
    itu nama ankunyya yang di AJP gimana y mas ?
    tolong dijawab yaa .
    terima kasih.

    via tlp : 089654541651
    via twitter : @khanifahps
    via fb : Khanifah Permata Sari

     
  30. bobby Says:
  31. Kenapa jurnal penyesuian yang dibalik hanya ini aja pak ?
    Minta penjelasannya donk pak

    Hutang biaya
    Piutang Pendapatan
    Pendapatan Diterima Dimuka jika digunakan pendekatan pendapatan
    Biaya Dibayar Dimuka jika digunakan pendekatan beban (biaya)

     
  32. soerya roses Says:
  33. benar apa tidak bro??

     
  34. untuk nomer akun pada masing2 akun jurnal balik tersebut apa.??

    makasi....

     
  35. untuk akun utang gaji pada jurnal pembalik, dimunculkan kembali sebagai saldo awal pada periode berikutnya ya pak??
    mhn penjelasannya.
    trm ksh.

     
  36. gan pengertian ikhtiar laba rugi tu apa ?

     
  37. irpan sidik Says:
  38. thanks atas ilmunya

     
  39. thankyou

     
  40. hakim mnur Says:
  41. kasih soal yang dari jurnal umum buku besar jurnal khusus lap keu, jurnal penutup, jurnal pembalik perusahaan dagang. buat saya pelajarin maksih ya sobat

     

Poskan Komentar

Profil

Artikel Populer