Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Jurnal Penyesuaian (Dasar-Dasar Akuntansi)

Diposkan oleh Arif Nurhuda Senin, 14 September 2009

A. PENGERTIAN

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan saldo rekening-rekening ke saldo yang sebenarnya sampai dengan periode akuntansi, atau untuk memisahkan antara pendapatan dan beban dari suatu periode dengan periode yang lain.


 

B. REKENING YANG HARUS DISESUAIKAN

Saldo rekening yang perlu disesuaikan adalah :


 

  1. Penyusutan/depresiasi aset tetap

    Seluruh aset tetap kecuali tanah yang dimiliki perusahaan harus disusutkan/didepresiasi. Terdapat beberapa metode untuk menyusutkan aset tetap, salah satunya adalah metode garis lurus.


     

    Contoh :

    Sebuah mobil seharga Rp 90.000.000,- diperkirakan umur ekonomisnya adalah 10 tahun, apabila disusutkan menggunakan metode garis lurus maka beban depresiasinya per tahun adalah:

        

    90.000.000 = Rp 9.000.000; per tahun

         10

    

Jurnal untuk mencatat beban depresiasi tersebut adalah:

    

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

31-12-02 

Beban depresiasi

Akumulasi depresiasi kendaraan

(mencatat depresiasi kendaraan)

 

9.000.000 


 

9.000.000


 


 

  1. Beban dibayar di muka

    Contoh :

    Perusahaan membayar asuransi sebesar Rp 750.000 untuk masa 3 tahun yaitu tahun 2002 s/d 2004. Pada saat membayar perusahaan menggunakan pendekatan beban.


     

    Jurnal penyesuaiannya adalah sebagai berikut:


     

Tanggal 

Rekening & Keterangan

Ref 

Debet 

Kredit 

31-12-2002 

Asuransi Dibayar di muka

Beban Asuransi 


 

- 

500.000


 

500.000 


 


 

  1. Beban yang masih harus dibayar

Contoh :

Suatu perusahaan belum membayar gaji karyawan sebesar Rp 500.000;


 

Jurnal penyesuaiannya adalah sebagai berikut:


 

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

31-12-2002 

Beban Gaji

Hutang Gaji 


 

- 

500.000


 

500.000


 


 

  1. Pendapatan diterima di muka

Contoh :

Tanggal 31 Desember 2002 sebuah hotel menerima pembayaran dari tamu hotel sebesar Rp 750.000 untuk 5 hari. Hotel menggunakan pendekatan pendapatan.


 

Jurnal penyesuainnya adalah sebagai berikut:


 

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

31-12-2002 

Pendapatan

Pendapatan diterima dimuka 


 

- 

600.000


 

600.000 


 

  1. Piutang Pendapatan

Contoh :

    Tanggal 31 Desember 2002 sebuah hotel belum menerima pembayaran sewa kamar sebesar Rp 500.000; karena pembayaran baru dilakukan pada saat check out..


 

    Jurnal penyesuainnya adalah sebagai berikut:

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit

31-12-2002 

Piutang Pendapatan

Pendapatan  


 

- 

500.000


 

500.000 


 

Latihan 13


 

Buatlah jurnal penyesuaian berdasarkan data-data sebagai berikut:

  1. Perlengkapan yang digunakan pada tahun ini adalah sebesar Rp.500.000;
  2. Gaji karyawan yang masih harus dibayar oleh perusahaan sebesar Rp.1.000.000;
  3. Perusahaan telah menyelesaikan pekerjaan jasa foto copy sebesar Rp.750.000; tetapi belum diterima pembayarannya.
  4. Perusahaan membayar sewa gedung kantor untuk 2 tahun ini sebesar Rp 10.000.000;


 

Jawab :

Jurnal penyesuaiannya adalah sebagai berikut:


 

JURNAL PENYESUAIAN


 

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

     
     
     
     
     
     

23 komentar

  1. maekel Says:
  2. soooo gooooooooooooooooooood
    i interesting on your

     
  3. Jherinoz Says:
  4. Maaf cuma mau konfirmasi aja, untuk jurnal Beban dibayar dimuka jurnal yang terbentuk seharusnya:
    Dr. Asuransi Dibayar Dimuka
    Cr. Cash / Hutang

    kemudian setelah berjalan 1 periode dibebankan:
    Dr.Beban Asuransi
    Cr.Asuransi Dibayar Dimuka

    Mohon pencerahannya, thanks
    BTW nice blog

     
  5. gorgeusxoxo Says:
  6. maaf mau konfirmasi juga, sebenrnya yg jurnal beban dibayar di muka bener dua-duanya sih. cuma kalau yg ada di blog ini pake pendekatan L/R or pendapatan hehe

    thanks ya buat yg punya blog, sangat membantu !

     
  7. aku bingung ,,, gag ada caranya .seharusnya ada cara perhitungannya..

     
  8. NaT Says:
  9. saran : lebih bagusnya di jelaskan dgn menggunakan 2 pendakatan
    biar ada perbandingannya
    and utk piutang tak tertagih yang ditaksirkan

    cuman saran ^^

     
  10. w4rung Kop1 Says:
  11. iya tolong penjelasannya dikasih tw jg byr qt bisa paham jurnal2nya, mkasih :)

     
  12. masih banyak transaksi yg harus disesuaikan ,,, semisal wesel bayar dan tagih, kesalahan pencatatan... tp lok untuk dasar2nya tu ja cukup.^

     
  13. ilham harya Says:
  14. Untuk penfapatan diterima dimuka seharusnya

    Pada saat transaksi
    Db: Kas
    Cr: Pendapatan diterima dimuka

    Penyesuaian

    Db: Pendapatan diterima dimuka
    Cr: Pendapatan

    Mohon pencerahan

     
  15. UII Official Says:
  16. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

     
  17. iya, seharusnya memang seperti itu
    karena kalau pendapatan bertambah itu diletakkan di kredit

    Dr.pendapatan diterima di muka
    Cr.pendapatan

     
  18. putro utomo Says:
  19. kaya gitu karena pada saat transaksi langsung di catat DB : kas kr: pendapatan

     
  20. Ada yang kurang tuh ?? apabila itu kredit ?? penulisannya harus menjorok ke dalam . Bukan sebaris sama debet .

    mksh atas ilmunya .

     
  21. ka.. ada yang ingin saya tanyakan tentang beban di bayar di muka
    kan ada 2 pendekatan, harta sama beban
    yg ingin saya tanyakan, bagaimana kita menentukan akan memakai pendekatan yg mana, harta atau beban?

    karna tidak mgkn di dalam sebuah soal tertulis "perusahaan XXX menggunakan pendekatan pendapatan"
    mohon di jawab. Thx

     
  22. emiliawii_ Says:
  23. saya mo nanya kalau kasusnya kaya gini gmana bikin jurnal penyesuaianya??
    1 Asuransi yang dibayarkan pada tanggal 6 Desember untuk 12 bulan
    2 iklan Prabayar dibayar untuk 10 kali dan baru tayang 3 kali selama bulan Desember
    3 Perlengkapan yang tersedia sebesar. 350.000
    4 Semua aktiva tetap disusutkan 10% per tahun
    5 beban Gaji yang belum dibayar Rp. 250.000

    terimakasih sebelumnya..

     
  24. pas dapat materi ngerti waktu ulangan mati

    yop blog yang bagus..

     
  25. Nice blog Gan :D

     
  26. coba2 menjawab soal latihan 13

    - biaya perlengkapan (D)
    - Pendapatan (K)

    - Biaya Gaji (D)
    - Utang (K)

    - Piutang (D)
    - Pendapatan jasa (K)

    - Biaya Sewa (D)
    - pendapatan jasa (K)

     
  27. saya bisa minta tolng ga saya bingung buat jurnal peyuasain gimana ?

     
  28. Ita Mulyani Says:
  29. mw tanya klu gini jurnal penyesuaiannya gmn???
    misalnya :
    jurnal tgl 1/5/10
    Asuransi DDM Rp.3.360.000
    Kas Rp.3.360.000
    diminta jurnal penyesuaian utk saldo akun asuransi ddm terkait dgn transaksi pd tgl 1/5/10

     
  30. mia islami Says:
  31. kayanya gue doang deh yang bego disini -_-


    buta akuntansi-_-

     
  32. Hi teman-teman, saya tidak bisa percaya ini. Aku baru saja mendapat pinjaman yang sah dari basis pemberi pinjaman kredit di Amerika Serikat. Saya mendapat email mereka ketika saya sedang mencari onlinefor pinjaman. Saya menemukan komentar yang menceritakan bagaimana dia mendapat pinjamannya dari mereka. initiatially saya tidak percaya dia karena saya telah penipuan beberapa kali oleh orang-orang yang mengaku sebagai pemberi pinjaman online. Tapi karena saya sangat membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, saya memutuskan untuk mencoba lagi. jadi saya mengirim email kepada mereka. Ketika saya lakukan, saya terkejut jumlah $ 250.000 yang saya telah ealier diterapkan untuk itu ditransfer ke rekening saya bahkan ketika saya memiliki kredit buruk. Jadi saya ingin nasihat orang yang mungkin mencari di mana untuk mendapatkan pinjaman yang sah dari sebuah perusahaan kredit yang sah untuk email mereka melalui (trustloanlenders281@gmail.com) dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dan bebas dari semua penipuan ini memamerkan internet. .... hanya berharap informasi ini dapat membantu seseorang yang membutuhkan pinjaman .....

     
  33. Chloe Morris Says:
  34. Halo, saya Mrs.Chloe, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: chloemorrisloan@gmail.com atau chloemorrisloanfirm@financier.com

     
  35. Hannah Ahmed Says:
  36. Halo, saya bernama Mrs. Hannah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Heather Whyte yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp 850.000 000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji padanya aku akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, hubungi dia melalui email nya: qualityloanltd@qualityservice.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya hannah.a601@gmail.com.
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

     

Poskan Komentar

Profil

Artikel Populer