Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Jurnal (Dasar-Dasar Akuntansi)

Diposkan oleh Arif Nurhuda Senin, 14 September 2009

A. PENGERTIAN

Jurnal adalah catatan sistematis dan kronologis dari transaksi-transaksi keuangan dengan menyebutkan rekening yang akan didebet atau dikredit disertai jumlahnya masing-masing dan referensinya.


 

B. FUNGSI

Jurnal bagi suatu perusahaan mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi Analisis

    Yaitu untuk menentukan perkiraan yang di debet dan perkiraan yang dikredit serta jumlahnya masing-masing.


     

  2. Fungsi Pencatatan

    Yaitu untuk mencatat transaksi keuangan dalam kolom debet dan kredit serta keterangan yang perlu


     

  3. Fungsi Historis

    Yaitu untuk mencatat aktivitas perusahaan secara kronologis.


 

C. BENTUK

Bentuk jurnal adalah sebagai berikut:

Hal:….

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Referensi 

Debet 

Kredit 

     
     
     
     
     


 

CONTOH

Berikut ini adalah contoh jurnal dari transaksi-transaksi:

  1. Pada tanggal 1 Januari 2002 Tuan Raka menyetorkan uang ke perusahaan sebesar Rp. 500.000.000,- sebagai setoran modal.


 

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit

01-01-2002 

Kas

Modal, Tn Raka

(setoran modal Tn Raka) 


 

- 

500.000.000


 


 

500.000.000 


 

  1. Pada tanggal 5 Januari 2002 perusahaan membeli sebuah mobil seharga Rp. 150.000.000,- serta tunai.

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

05-01-2002

Kendaraan

Kas

(pembelian kendaraan) 


 

- 

150.000.000


 


 

150.000.000 


 

  1. Pada tanggal 6 Januari 2002 membeli mesin fotokopi seharga Rp.50.000.000,- secara kredit.

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

06-01-2002 

Peralatan

Hutang Dagang

(pembelian mesin foto kopi) 


 

- 

50.000.000


 


 

50.000.000 


 

  1. Pada tanggal 15 Januari 2002 dibayar beban telepon sebesar Rp.1.000.000,-.

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

15-01-2002 

Beban telepon

Kas

(membayar beban telepon) 


 

- 

1.000.000


 


 

1.000.000 


 

  1. Pada tanggal 18 Januari 2002 diterima pendapatan dari jasa foto kopi sebesar Rp. 8.000.000,-.

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

18-01-2002 

Kas

Pendapatan

(penerimaan pendapatan foto kopi) 


 

- 

8.000.000


 


 

8.000.000 


 


 

  1. Pada tanggal 26 Januari 2002 dibayar asuransi sebesar Rp. 750.000,-.

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

20-01-2002 

Beban Asuransi

Kas

(membayar beban asuransi) 


 

- 

750.000


 


 

750.000 


 

  1. Pada tanggal 21 Januari 2002 perusahaan telah menyelesaikan jasa foto kopi sebesar Rp.5.000.000,- tetapi uangnya belum diterima

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

21-01-2002 

Piutang

Pendapatan

(penerimaan pendapatan foto kopi) 


 

- 

5.000.000


 


 

5.000.000 


 


 

Latihan 10

Buatlah jurnal untuk transaksi-transaksi berikut ini:

  1. Tanggal 5 Maret 2002 Tuan Rangga menyetorkan uang ke perusahaan sebesar Rp. 50.000.0000,- sebagai setoran modal.
  2. Tanggal 7 Maret 2002 dibeli perlengkapan sebesar Rp. 2.000.000,- secara tunai.
  3. Tanggal 15 Maret 2002 dibeli sebuah mobil seharga Rp. 90.000.000,- secara kredit dengan uang muka sebesar Rp. 10.000.000,-.
  4. Tanggal 17 Maret 2002 dibeli mesin fotokopi seharga Rp. 30.000.000,- tunai.
  5. Tanggal 20 Maret 2002 diterima pendapatan sebesar Rp. 15.000.000,-
  6. Tanggal 22 Maret 2002 dibayar beban telepon sebesar Rp. 500.000,-
  7. Tanggal 25 Maret 2002 dibayar angsuran pembelian mobil sebesar Rp.3.000.000,-
  8. Tanggal 26 Maret 2002 diterima pendapatan sebesar Rp. 10.000.000,-
  9. Tanggal 27 Maret 2002 dijual sebuah mesin fotokopi seharga Rp.25.000.000,- secara kredit.
  10. Tanggal 30 Maret 2002 dibayar gaji pegawai sebesar Rp.2.000.000,-


 

Jawab:

JURNAL


 

Tanggal 

Rekening & Keterangan 

Ref 

Debet 

Kredit 

     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     


 


 


 


 


 

29 komentar

  1. iqbal Says:
  2. mas.. transaksi tanggal 3 gimana sih jurnalnya??

     
  3. iqbal Says:
  4. tanggal 7 juga mas gimana jurnalnya? soalnya gara2 2 transaksi ini neracanya ga balance.. thx ya mas arif

     
  5. aku bingung cara transaksi yang tanggal 15 maret. gimana tuh? masuknya peralatan, utang dan kas ato gimana? :????

     
  6. titi Says:
  7. halo, mau tanya bagaimana kalo mendapat pinjaman hutang atau credit dr bank dengan pembayaran cicilan per termin? di journalnya masuk revenue atau kas atau apa? thanks:)

     
  8. azisst Says:
  9. mas arif, terimakasih bantuan informasi tentang akuntansi, izin mengcopy dan saya juga tulis sumbernya. :)

     
  10. mau numpang berbagi ni.hehehe...
    untuk jurnal nomor 3 adalah:
    kendaraan di debet sebesar Rp. 90.000
    kas di kredit sebesar Rp. 10.000
    hutang di kredit sebesar Rp. 80.000

     
  11. untuk jurnal nomor 7 tu:
    hutang di debet sebesar Rp. 3000
    kas di kredit sebesar Rp. 3000
    insya Allah Balance neraca nya sebesar 152.000

     
  12. kalo yg no.9 itu gmn..??

     
  13. pa pada nomer satu tuh modalnya berapa rp.50.000.000 atau berpa tuh

     
  14. Tanggal Rekening & Keterangan Ref Debet Kredit
    05-03-2002 Kas
    Modal Tn.rangga Rp.50.000.000
    Rp.50.000.000
    07-03-2002 Dibeli perlengkapan
    kas Rp.2.000.000
    Rp.2.000.000
    15-03-2002 Dibeli sebuah mobil
    kas Rp.90.000.000
    Rp.90.000.000
    17-03-2002 Dibeli mesin fotokopi
    kas Rp.30.000.000
    Rp.30.000.000
    20-03-2002 Diterima pendapatan
    kas Rp.15.000.000
    Rp.15.000.000
    22-03-2002 Dibayar beban telepon
    kas Rp.500.000
    Rp.500.000
    25-03-2002 Dibayar angsuran mobil
    kas Rp.3000.000
    Rp.3000.000
    26-03-2002 Diterima pendapatan
    kas Rp.10.000.000
    Rp.10.000.000
    27-03-2002 Dijual mesin fotokopi
    kas Rp.25.000.000
    Rp.25.000.000
    30-03-2002 Dibayar gaji pegawai
    kas Rp.2.000.000
    Rp.2.000.000





    JUMLAH RP.1.925.000.000 RP.1.925.000.000

     
  15. pak tolong dibantu jika saya beli motor bln mei 2012 OTR 23.750, DP 5juta, cicilan per bln 830.000 (pokok 500ribu bunga 330ribu) maka pembukuan depresiasinya apakah seperti ini ? :
    1.D biaya penyusutan 5.937.500
    K akumulasi penyusutan 5.937.500
    2. lalu untuk tiap bulan apakah ada pembukuan penyusutannya lagi atau hanya 1 pembukuan diatas saja yg kita buku 1 kali setiap tahun?
    tolong dibantu

     
  16. UII Official Says:
  17. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    twitter : @profiluii

     
  18. kalau misalnya di beli peralatan seharga 2000000 dibayar secara tunai 1000000 sisanya dibayar kredit

     
  19. Ismail Saleh Says:
  20. (dr)Peralatan Rp 2 Jt
    (cr)Kas Rp 1 Jt
    (cr)utang usaha Rp 1 Jt

    Smoga membantu visit Istilah Akuntansi

     
  21. Oni Zamroni Says:
  22. Bagi temen-temen yang ingin belajar akuntansi lebih lanjut, bisa lihat di website Belajar Akuntansi

     
  23. Oni Zamroni Says:
  24. Numpang promosi ya pak :) :
    Cara menghilangkan bekas jerawat

    Cara mengempeskan jerawat batu

    Mobile laptop deals

    Reviews of stonedine cookware

    Madu murni


     
  25. saya punya soal selama bulan berjalan, Pahoman mencatat penerimaan tunai Rp. 212.500.000 dan pengeluaran tunai Rp. 183.750.000.
    jika saldo akun kas Rp. 36.300.000 pada akhir bulan, berapakah saldo kas pada awal bulan awal bulan ???

    mksh untuk jawabannya

     
  26. Dediie Trika Says:
  27. Saldo awalnya 7.550.000

     
  28. madha satu Says:
  29. Kas 50,000,000
    Modal tuan rangga 50,000,000
    Perlengkapan 2,000,000
    Kas ( pembelian perlengkapan) 2,000,000
    Kendaraan 90,000,000
    Kas (pembelian mobil) 10,000,000
    Hutang Usaha 80,000,000
    Peralatan 30,000,000
    Kas (pembelian mesin foto copi) 30,000,000
    Kas 15,000,000
    Pendapatan 15,000,000
    Beban telf 500,000
    Kas (beban telf) 500,000
    Angsuran mobil 3,000,000
    Kas (biaya angsuran) 3,000,000
    Kas 10,000,000
    pendapatan 10,000,000
    Piutang usaha 25,000,000
    Pendapatan 25,000,000
    Beban gaji 2,000,000
    Kas (biaya gaji) 2,000,000

    227,500,000 227,500,000

     
  30. an Economics

     
  31. bagus..

     
  32. nc shop Says:
  33. saldo 174.500.000
    laba dtahan 47.500.000
    cleared ;)

     
  34. Anto WT Says:
  35. Met Sore Pak..
    Mohon Pencerahannya
    Untuk Jurnal P Transaksi Berikut ini gimana Ya
    " Pembayaran Sewa Kantor 12 juta untuk 1 Tahun, kalo pembayarannya dilakukan per bulan 1 jt, jurnal nya gimana ya..?

     
  36. Yudi Irawan Says:
  37. ok

     
  38. Anto bantu jawab ..
    Susah untuk melalukan transaksi itu ...
    Harusnya jurnalnya, sewa dibayar di muka 12.000.000 (Dc) dan Kas 12.000.000 (Cr)
    Kalo bayar perbulan 1 juta jurnalnya, Beban Sewa Rp. 1.000.000 (Cd) Dan Kas 1.000.000 (Cr) .....
    Informasinya di sini http://akuntansi-id.com

     
  39. Terimakasih, artikelnya bermanfaat. Cek juga dong aplikasi akuntansi geratis buatan anak Indonesia di kiper.co.id

     
  40. Agus Suriadi Says:
  41. jurnal yang selanjut nya gak di posting
    contoh jurnal penutup

     
  42. Agus Suriadi Says:
  43. jurnal yang selanjut nya gak di posting
    contoh jurnal penutup

     
  44. Admin Says:
  45. artikel yang bermanfaat :)
    download jurnal akuntansi >> jurnallengkap.blogspot.com

     

Poskan Komentar

Profil

Artikel Populer